Thursday, August 16, 2012

Mengarungi sungai Citarik sambil berarung jeram

Ayo dayung terus perahunya byurrr.. byurrr..
Basah dong!? Pasti.
Hmm.. memang anak-anak boleh ikut arung jeram? Bukannya arung jeram khusus orang dewasa ya? Di "Arus Liar" anak-anak boleh berarung jeram, asalkan mereka mengikuti prosedur yang ditentukan.

Takut nggak? Tenang saja. Dalam perahu karet yang akan ditumpangi anak-anak akan ada minimal 2 orang guide yang akan membimbingnya. Bahkan mereka yang akan mengendalikan perahu karet tersebut.

Biar lebih yakin ada bebaerapa jenis tips yang perlu diperhatikan.

Siapkan badan yang sehat
Ini yang paling penting. Badan harus sehat karena perjalanan ke lokasi arung jeram cukup makan tenaga. Selain itu di lokasi arung jeram, kita juga harus siap bertempur mendayung perahu. Jadi sebelum berarung jeram jagalah baik-baik kesehatan kita dengan cukup makan-makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Agar, jangan sampai pas tiba waktunya mau berarung jeram, kita tidak sedang enak badan.

Perlengkapan arung jeram
Usahakan kita menggunakan pakaian yang nyaman dan kita bisa bergerak dengan bebas. Jangan lupa juga membawa pakaian ganti lengkap, kaca mata hitam, sun cream, alat mandi, dan sepatu sendal karet.

Kalau perlengkapan yang wajib dipakai selama kita berarung jeram, akan disiapkan oleh tim arung jeram setempat. Perlengkapan itu sesuai dengan standar internasional. Pelampungnya pun ada yang khusus untuk anak-anak.

Aman ngga sih?
Sebelum dijadikan tempat arung jeram, sungai Citarik sudah diamati cukup lama. Sampai saat ini belum pernah ada banjir bandang disana. Meskipun sampai saat ini belum pernah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, lokasi arung jeram dilengkapi dengan alarm khusus, yang akan mendeteksi ketinggian air. Untuk berjaga-jaga, jika ketinggian air mendadak naik melebihi batas aman.

Satu lagi, sebelum kita memulai arung jeram, tim guide akan memberikan pengarahan terlebih dahulu, sehingga kita tahu apa yang harus dilakukan sewaktu berarung jeram.

Kemudian dalam setiap perahu yang kita tumpangi, akan ada guide yang mendampingi. Untuk peserta anak-anak, tim guide akan ditambah menjadi 2 atau bahkan 3 orang. Selama arung jeram, tim penyelamat akan mengikuti perahu kita. Ada juga tim penyelamat yang berjaga-jaga, di bagian yang arusnya lebih deras. Tim kesehatan pun akan selalu siap sedia.

Di mana lokasinya?
Sungai Citarik berada di Sukabumi, Jawa Barat. Sekitar 2 jam perjalanan dari Jakarta ke arah Sukabumi. Kira-kira 1 km setelah pasar Parung Kuda, ada papan penunjuk "Arung Jeram Arus Liar". Lalu kita belok ke kanan dan ikuti petunjuk arah selanjutnya, kurang lebih 24 km jauhnya.

Oh ya, sebelum kita kesana, kita daftar terlebih dahulu. Apalagi dimusim liburan, supaya kita tidak kecewa karena tidak kebagian perahu. Untuk musim liburan, sebaiknya kita mendaftar paling tidak 2 minggu sebelumnya. Pendaftaran bisa dilakukan di kantor Arus Liar Adventure di Jakarta.

Khusus anak-anak, hanya bisa mengikuti paket 1 jam, sejauh 14 km. Dengan biaya sekitar Rp. 145.000. Kita akan mendapatkan fasilitas seperti es kelapa muda di tengah-tengah perjalanan, makan siang, transport dari tempat finish kembali ke start, sertifikat dan asuransi.

Untuk yang ingin bermalam disana juga bisa. Ada Nusa Cottage ala tradisional. Dengan biaya penginapan per malam per orang berikut makan dan snack Rp. 128.000.

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2010-2015 All Right Reserved kisutmengkerut.com