Wednesday, August 15, 2012

Porter pekerjaan mulia

Porter atau kuli panggul. Mereka menjual jasa membawakan barang bawaan penumpang yang turun dari kereta maupun calon penumpang yang akan naik kereta. Jasa porter bisa dijumpai di stasiun-stasiun besar yang terorganisir resmi. Porter yang resmi memiliki surat ijin dari stasiun setempat dan berseragam (lengkap dengan nama dan nomer urut). Selain itu, mereka juga diberdayakan untuk ikut membantu dan menjaga kebersihan stasiun dan membantu informasi kepada calon penumpang maupun penumpang.

Unik bila kita mengamati pekerjaan mereka. Ketika KA memasuki emplasemen stasiun, para porter ancang-ancang untuk berlari meloncat masuk ke dalam kereta. Begitu porter pertama berlari, diikuti porter berikutnya di belakang. Mereka berlomba untuk mengais rejeki dari jasa membawakan barang bawaan penumpang. Saat berlari, seolah mereka tak mempedulikan keselamatan diri. Biar pun pernah ada yang jatuh, namun tetap tak pernah menyurutkan nyali. Semua itu mereka lakukan untuk menafkahi keluarga di rumah. 

Tips menggunakan jasa porter
  1. Pastikan porter yang ingin andamintai bantuan umembawakan barang adalah porter resmi. Biasanya amereka berseragam dengan nomer identitas dan nama jelas yang terpampang di baju.
  2. Sebelum dibawakan, negosiasikan terlebih dahulu ongkos panggulnya.
  3. Cek barang bawaan apa saja yang akan dibawakan.
  4. Jika memerlukan porter lebih dari satu orang, ingat juga nama dan nomor identitas di baju seragamnya. Jangan lupa negosiasikan ongkos panggulnya.
  5. Ingatkan porter tentang barang bawaan adalah benda yang mudah pecah atau cairan, agar porter membawanya dengan hati-hati.

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2010-2015 All Right Reserved kisutmengkerut.com