Monday, July 22, 2013

Tips Memilih Tas Kamera

Ketika hunting kita akan terus membawa kamera kemana saka yang selalu menempel di badan kita. Perlakuan kita terhadap tas kamera juga tidak boleh sembarangan, karena secara tidak langsung juga akan berpengaruh kepada kamera yang ada di dalamnya.

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai tas kamera, perlu diketahui bahwa tas kamera adalah alat/media untuk membawa kamera dan perlengkapannya dari rumah ke tempat tujuan. Jadi tas kamera bukan menjadi tempat untuk menyimpan kamera, karena idealnya kamera disimpan dalam dry box dengan suhu yang stabil, kering dan tidak lembab.

Oleh karena itu perlu kita perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Pertimbangkan kebutuhan anda dimasa mendatang
Jangan beli tas yang terlalu kecil. Sebab biasanya aksesoris fotrografi akan bertambah seiring waktu kita berkreasi dalam fotografi. Pertimbangkan kapasitas tas yang kita butuhkan kira-kira hingga satu tahun ke depan. Pertimbangkan juga kebutuhan pada saat traveling jauh keluar kota atau keluar negeri. Kadang kita membutuhkan tas kamera yang bisa sekalian untuk membawa laptop.

  • Pilihlah tas yang ada rain covernya
Rain cover atau lapisan pelindung air hujan sangat penting melindungi barang-barang dalam tas terutama kamera dan lensa dari hujan dan air. Terutama pada saat kita sedang hunting foto di alam terbuka. Meskipun tas kamera kita diklaim tahan air oleh produsennya, tapi tak ada salahnya bukan jika pada saat hujan kita lapisi lagi dengan rain cover. Rain cover juga bisa di peroleh secara terpisah di toko-toko perlengkapan kamera.

  • Jika perlengkapan terbatas bisa mencoba customade / handmade bag
Handmade / customade bag juga bisa dipertimbangkan jika budget kita terbatas. Banyak usahawan-usahawan kreatif yang bisa membuat tas kamera dengan model dan kualitas yang cukup bagus dengan harga terjangkau. Coba deh tanyakan ketersediaanya di toko-toko perlengkapan kamera di kota anda. Biasanya mereka juga menjual tas-tas kamera produksi lokal dengan harga terjangkau.

Berikut beberapa bentuk dan model tas kamera:

1.   Backpack / tas punggung / ransel
Model backpack atau ransel cocok digunakan saat kita hendak berpergian jauh dalam waktu yang lama. Model ini tersedia dalam berbagai macam ukuran. Dengan kapasitas yang besar, kita dapat menaruh semua perlengkapan kamera dalam satu tas. Biasanya model tas ini digunakan oleh mereka yang menggunakan kamera jenis DSLR, karena kamera tersebut memiliki banyak komponen bongkar-pasangnya, seperti lensa, tripod, filter dsb. Biasanya pada tas kamera model backpack ini juga tersedia komponen untuk menyimpan laptop.

2.   Slingshot
Model slingshot lebih ringkas. Cocok bagi kita yang hendak memotret dalam kurung waktu singkat. Namun mengingat modelnya yang diletakan pada sebelah bahu, tentu akan membuat bagian tubuh ini menjadi cepat letih.

3.   Shoulder bag / tas bahu
Model ini selintas mirip dengan tas selempang biasa. Sama seperti model slingshot, tas model ini cocok digunakan jika kita memotret dalam waktu yang tidak terlalu lama. Karena bertumpu pada satu bahu, tas model shoulder bag ini juga cepat membuat kita cepat lelah. Sebaiknya jika menggunakan tas model ini, janganlah membawa aksesoris yang terlalu banyak dalam tas kita.

4.   Tas pinggang
Sementara tas pinggang, selain tidak membuat bahu cepat lelah, mengeluarkan dan memasukan perangkat kamera pun lebih mudah. Akan tetapi, kita hanya dapat membawa sedikit barang tentunya. Biasanya model tas pinggang ini dipakai fotografer yang menggunakan kamera yang berukuran kecil atau sedang dengan aksesoris satu buah lensa saja.

Baca juga postingan menarik ini!

2 comments:

  1. artikel yang menarik..
    ditunggu Gann! kunjungan baliknya yak: cari uang lewat ekiosku.com
    terimakasih

    ReplyDelete

Copyright © 2010-2015 All Right Reserved kisutmengkerut.com