Wednesday, February 13, 2013

Sejarah Seragam Anak SD

Sebenarnya awal mula anak SD berpakaian menggunakan seragam adalah pada tahun 80-an. Di era itu lah muncul niat pemerintah untuk menetapkan bahwa anak sekolah untuk mengenakan seragam. 

Dulu seragam sih nggak seperti sekarang. Malah dulu anak-anak SD udah bisa mengenakan baju bebas pada saat bersekolah seperti anak kuliahan. Alasannya diterangkan di TVRI waktu itu biar tidak ada perbedaan status sosial yang berawal dari pemikiran untuk menyeragamkan para siswa sesuai tingkat pendidikannya dengan alasan mengurangi perbedaan antara orang yang mampu dan yang tidak mampu.dengan berseragam maka semua siswa kelihatan sama dan setara.

Terus mengapa seragam anak sekolah itu berawarna putih-merah, bukanya putih-merah melambangkan warna bendera kebangsaan Polandia. Kenapa tidak merah-putih sesuai dengan warna bendera Indonesia.   Sebenarnya kalo masalah warna seragam itu kesepakatan dari dinas pendidikan dan kebudayaan dulu. Tapi sekarang sudah banyak warna seragam sesuai daerah masing-masing seperti batik di jawa atau sasirangan di kalimantan dll. 

Tapi tak hanya putih-merah untuk seragam anak SD bahkan sekarang sekarang setiap sekolah SD berhak menentukan seragamnya masing-masing. Yang penting bagus dan berciri khas. Kalo sekolah keagamaan ya celana panjang bagi laki-laki dan rok panjang bagi perempuan. Kalo sekolah umum, biasanya bebas yang penting seragam, sopan dan bersih. 

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2010-2015 All Right Reserved kisutmengkerut.com