Tuesday, April 2, 2013

Kalpataru Tidak Sekedar Penghargaan

Kalpataru merupakan suatu penghargaan dari pemerintah Indonesia yang di berikan kepada seseorang atau sekelompok orang yang berperan dalam pelestarian lingkungan. 

Apakah kalian tahu bahwa pohon kalpataru itu ada?

Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa icon yang diberikan kepada mereka yang berperan penting dalam pelestarian lingkungan merupakan suatu trofi yang berbentuk akar-akar. logo ini juga digunakan oleh kementrian lingkungan hidup Indonesia.

Namun tidak. Sebenarnya icon penghargaan kalpataru yang di berikan pemerintah Indonesia tersebut berasal dari pohon yang bernama kalpataru juga. Dijadikan icon penghargaan karena pohon kalpataru merupakan simbol pohon kehidupan. Dalam bahasa sansekerta. Kalpataru yang berasal dari kata "kalpa" yang berarti kehidupan dan "taru" yang berarti pohon.

Tinggi tanaman kalpataru berkisar antara 5 hingga 7 meter. Pohon kalpataru memiliki akar yang banyak sehingga tanaman ini dapat menyimpan air yang banyak. Tidak hanya itu, daun yang rimbun. Membuat tanaman ini menjadi tempat tinggal binatang seperti burung. 

Tanaman ini juga sangat cocok apabila anda menanamnya di halaman rumah atau di pinggir jalan. Tidak hanya untuk menjaga lingkungan agar seimbang. Tanaman ini juga sangat bermanfaat bagi anda sebagai tempat teduh.

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2010-2015 All Right Reserved kisutmengkerut.com