Sunday, April 21, 2013

Memilih dan Menyimpan Telur yang Baik

Hal yang perlu di perhatikan dalam memilih telur di pasaran sangatlah mudah. Banyak caranya dalam memilih dan menyimpan telur. Tidak sembarangan dalam membeli telur di pasaran. Dan tidak sembarangan menyimpan telur di lemari. Ada beberapa cara.

Yang pertama yang harus anda perhatikan adalah kebersihan cangkang. Dalam memilih telur yang harus di perhatikan adalah fisiknya. Pilihlah telur yang cangkangnya bersih, mulus, tidak retak dan berwarna cerah. Telur dengan ciri-ciri tersebut biasanya masih baru dan segar. Kalau cangkang telur kusam atau keruh dan timbul bintik-bintik hitam, berarti telur tersebut sudah lama karena sudah berjamur.

Yang perlu diperhatikan juga yaitu anda bisa mengguncangkan telur. Telur yang bagus tidak mengeluarkan bunyi saat anda guncangkan. Artinya tidak ada bagian telur yang rusak seperti kuning telur yang pecah.

Anda juga bisa mensoroti telur dengan lampu. Gunakan lampu pijar jika ingin mensoroti telur. Karena lampu pijar sangat bagus untuk menerawang isi dalam telur. Saat telur disorot lampu, telur yang bagus akan terlihat jernih dan terang.

Untuk mencek telur yang baik anda juga bisa menggunakan air. Caranya masukan telur ke dalam air. Telur yang baik akan tenggelam jika dimasukan ke dalam air. Dan telur yang busuk akan mengambang jika dimasukan ke dalam air.

Merawat telur yang baik anda bisa membersihkan cangkangnya dengan benar. Jangan sekali-sekali anda mencuci telur jika baru di beli. Mencuci telur hanya akan membuatnya rusak. Anda perlu membersihkan cangkang dari kotoran yang menempel dengan lap.

Setelah dibersihkan anda bisa menyimpanya di dalam lemari es. Posisi telur pada saat diletakan di lemari es sebaiknya berdiri dengan bagian yang lebih lebar berada di bawah. Dengan begitu, posisi kuning telur tetap berada di tengah-tengah.

Anda juga perlu memperhatikan penyimpanan telur pada saat disimpan di lemari es. Jauhkan dari bahan makanan lain. Karena kulit telur yang berpori-pori. Jangan letakkan telur berdekatan dengan bahan masakan berbau tajam seperti jengkol. Jika berdekatan telur akan berbau jengkol juga.

Jika anda pintar memilih dan menyimpan telur. Maka telur tidak akan rusak dan pecah. Selain itu jika di olah dengan baik dan benar, telur tetap memiliki kandungan gizi yang penting untuk tubuh anda.

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2010-2015 All Right Reserved kisutmengkerut.com