Wednesday, March 6, 2013

Merawat Tanaman Drosera Burmannii

Tanaman drosera burmannii merupakan tanaman yang berasal dari Australia. Tanaman ini juga merupakan tanaman karnivora. Ukuran tanaman ini relatif kecil, berdiameter sekitar 2-3 cm. Pertumbuhan tanaman ini pun relatif cepat. dalam seminggu tanaman ini mampu menghasilkan pucuk yang sangat cepat pertumbuhannya. Bahkan Tanaman ini sering sekali berbunga.

Hal yang pertama yang harus kalian ketahui tentang cara menanam dan merawat tanaman ini adalah:

  • Pot
Pot yang dianjurkan oleh tanaman ini adalah pot plastik yang berdiameter 7cm atau pot kecil karena ukuran tanaman yang relatif kecil. Apabila tanaman di tempatkan pada panas matahari yang terik usahakan warna pot tidak berwarna hitam, karena warna hitam mampu mengurangi kelembapan yang ada dalam media.

  • Media Tanam
Media yang sangat dianjurkan oleh tanaman ini adalah sphagnum moss. Sphagnum moss digunakan karena mampu menjaga media agar tetap lembab lebih lama.

  • Intensitas Cahaya
Tanaman ini merupakan tanaman yang sangat senang sekali pada cahaya matahari anda bisa saja menaruh tanaman ini sepanjang hari di cahaya matahari langsung, akan tetapi perlu di ingat media harus lembab. Jika anda memberikan pencahayaan langsung anda bisa gunakan tatakan air pada pot tersebut.

  • Air
Air yang digunakan untuk menyiram tanaman ini sangat dianjurkan dengan menggunakan air hujan, air AC atau air minum VIT. Anda perlu menyiramnya sehari 2 kali. Perhatikan dalam melakukan siraman,  jangan sampai mengenai tanaman, jika terkena maka embun yang ada untuk menjebak serangga pada tanaman itu akan hilang.

  • Pupuk
Anda tidak perlu memberikan tanaman ini pupuk, karena pupuk akan membuat tanaman ini mati. Yang anda perlukan adalah memberikan makanan semut apabila tanaman tersebut tidak berhasil menjebak mangsanya.

Jika tanaman tersebut stress lakukan pertolongan pertama dengan menyiramnya dengan air yang dianjurkan. Lalu tempatkan pada tempat yang gelap hingga 5 hari. Jika sudah lakukan pencahayaan secara bertahap tiap harinya. Maka tanaman akan tumbuh dengan normal.

Apabila tanaman ini dirawat dengan baik, sesuai dengan cara yang disebutkan tadi, niscaya tanaman Drosera Burmannii akan tumbuh optimal. Bahkan tanaman akan beranak-pinak secara generatif dengan mengeluarkan bunga pada bagian induk dan biji akan berhamburan pada media yang ada.

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2010-2015 All Right Reserved kisutmengkerut.com