Tuesday, March 19, 2013

Serunya Menanam Nepenthes

Nepenthes atau lebih terkenalnya kantong semar adalah tanaman karnivora yang tumbuh di lahan gambut. Nepenthes merupakan tanaman  yang sangat banyak ditemukan di lahan gambut Indonesia, terutama di pulau Kalimantan, Sumatra dan Papua. Lebih dari puluhan jenis tanaman nepenthes yang tersebar di dunia terutama di Indonesia.

Keberadaanya di alam bebas kini terancam punah. Terlebih lagi dengan pembakaran hutan liar dan pengalih fungsian hutan menjadi proyek perumahan. Hal ini membuat nepenthes menjadi lebih sulit ditemukan keberadaanya.

Dalam mencegah kepunahan tanaman nepenthes ini. Kini para hobiis tanaman banyak yang memelihara nepenthes untuk konservasi ataupun hanya sekedar memelihara untuk memperindah ruangan. Cara merawat tanaman ini memanglah gampang-gampang sulit. Apalagi jika tanaman tersebut tidak tumbuh di habitat aslinya. Akan tetapi kesulitan tersebut merupakan tantangan tersendiri bagi hobiis.

Bagi kalian yang umumnya pemula dan ingin mencoba menanam tanaman ini di perkarangan rumah anda belilah jenis nepenthes yang berjenis mirabilis dan gracilis. Harganya yang tidak terlalu mahal membuat para hobiis pemula kepincut dengan kedua jenis nepenthes tersebut. Karena kedua jenis tersebut merupakan tanaman yang tumbuh di dataran rendah dan cara merawatnya pun tidak rewel dengan sinar matahari. Hanya perlu disiram minimal 2 kali sehari dengan air hujan atau air ac maka tanaman tersebut akan tumbuh sehat. 

Nepenthes pada umumnya tumbuh di lahan gambut. Tetapi jika di rumah anda tidak ada tanah gambut anda bisa menggunakan menggunakan spaghnum moss untuk hasil yang lebih sempurna. Jika budget anda sedikit anda juga bisa menggunakan  sekam bakar atau cocopeat dengan perbandingan 1:1.

Nepenthes juga tidak perlu di beri pupuk. Apabila tanaman ini diberi pupuk maka tanaman akan mati. Tanaman nepenthes mendapatkan nutrisi dari serangga-serangga yang terjebak di kantung mereka. Jadi kita tidak perlu memberikan pupuk.

2 comments:

Copyright © 2010-2015 All Right Reserved kisutmengkerut.com