Tuesday, March 5, 2013

Cara Merawat Tanaman Cuba

Nama latin dari tanaman Cuba ini adalah Hemianthus Callitrichides. Tanaman ini merupakan tanaman yang paling kecil untuk tanaman aquarium daunnya yang berwarna hijau pun hanya beberapa milimeter dan akarnya yang tidak terlalu panjang. Dari sekilas tanaman ini mirip sekali dengan lumut. Tentu saja tanaman ini bukan spesies yang sama dengan lumut. 

Tanaman Cuba ini sering sekali digunakan untuk para hobiis aquascape, yang bisanya digunakan untuk menutupi dasar aquarium sehingga menjadi lebih indah. Adapula yang menanam tanaman ini hanya untuk memperindah dasar tanaman yang ada di pot-pot rumah anda. Ada juga yang hanya sekedar hobi memelihara tanaman jenis ini.

Cara memperbanyak atau merawat tanaman ini di darat sangatlah tidak sulit. Hanya diperlukan kelembapan yang sangat tinggi dengan cara memberikan air dengan PH antara 5-7 setiap 2 kali sehari, pagi dan sore hari. Intensitas cahaya pun jangan terlalu terik atau terkena sinar langsung, jika anda taruh di sinar langsung tentunya anda harus rajin-rajin menyemprot tanaman ini atau memberikannya tatakan air, supaya kelembapan tetap terjaga. Untuk media tanamnya anda bisa menggunakan pasir, moss, atau sekam bakar. Jika semuanya sudah sesuai dengan tanaman ini maka tanaman cuba akan tumbuh dengan optimal.

Tanaman ini juga bisa ditanam di dalam air terutama buat hobiis aquascape pasti sudah tidak heran lagi. Tanaman ini bisa ditanam di dalam aquarium dengan memberikan media pasir silika. Untuk merubah habitat aslinya dari darat ke air anda perlu melakukannya dengan cara memberikan pupuk cair micro dan marco, pemberian CO2 dan intensitas cahaya yang sesuai akan membuat tanaman ini tumbuh dengan optimal sebagaimana di darat.

Harga tanaman ini juga tidak terlalu mahal untuk kalian para hobiis tanaman. Anda bisa membawa pulang dengan harga sekitar 5000 hingga 20000/pot kecil. Anda bisa mendapatkanya di toko aquascape terdekat dirumah anda.

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2010-2015 All Right Reserved kisutmengkerut.com