Karburator yang laris di pasaran
maupun forum jual beli kaskus ini banyak sekali peminatnya terutama buat mereka
yang menginginkan motornya menambah performa. Sampai banyak peminatnya,
karburator ini banyak di produksi, hingga berbagai produsen karburator membuat
berbagai versi dari PE28 racing sampe kw 3.
Berikut ini adalah jenis karburator yang sering kali di jual
belikan di toko spare parts maupun di forum jual beli online seperti di kaskus.
- PE28 Racing/PE Jepang
Karbu yang asli dari copoton honda NSR nya ini mempunyai ciri finising
jelas rapi/halus, warna agak keputihan, tertulis made in japan, tulisan keihin nimbul, jarum skep bisa di seting, khusus sudco jarum skepnya warna kuning ke-emasan, jarum skep ada ulir setelan, choke nempel di karbu langsung (kaya
karbu RX King), trus di bagian bawah mangkuk karbu ada semacam tutup baut
lumayan gede. Berguna saat seting motor perlu gonta-ganti ukuran PJ/MJ ga perlu
buka mangkuk karbu, cukup lepas tutup baut tersebut dan PJ/MJ bisa dibongkar
pasang lewat lubang tersebut.
Harga paling mahal sekitar 1,9 juta.
- PE28 Ori Honda Thailand
Finishing rapi, warna agak gelap, tertulis made in T, skep warna krom tapi dalemnya
kuningan dan berat. Skep gak bisa di stel. Jarum tidak ada ulir setelan, dijual dengan kemasan dus
honda lengkap dengan kode part. Beberapa mekanik bilang bahwa karbu ori ini
sebenarnya sama aja dengan yg KW1 Cuma beda dikemasan, tapi bebrapa yg lain
berkata beda
Harga kisaran Rp850 – 900 ribu.
- PE28 KW1
Karburator ini paling banyak dijajakan di fjb kaskus dan dipakai maniak
bikers. Cirinya warna gelap, jarum tidak ada ulir setelannya, finishing rapi,
dijual tanpa kemasan.
- PE28 KW2
Bodinya lebih gelap bila dibanding dengan KW3,
finishing juga masih rada kasar, jarum ga bisa disetel.
Harganya kisaran 300rbuan.
- PE28 KW3/PE China
Bodinya berwarna terang, jarum skepnya punya ulir buat
disetel, jarum skep tidak/bisa di setel, finishing bodi kurang rapih walaupun ada juga yang rapih, bahanya agak kasar. Karbu KW3 ni kebanyakan beredar di jawa tengah
dan jawa timur. Suka susah di setting.
Harnyanya kisaran Rp200 – 300 ribu.
Catatan:
Recomended kalau kondisi uang kurang untuk membeli yang asli maka beli lah minimal yang kw 1
mantap gan...unik juga nih postingannya gan..
ReplyDeleteyoi gan..
Deletekalo ane sich dari pada beli mahal2, mendingan cari yang original juga tapi yang secon aja, yang penting barang masih joss...hehehe
ReplyDeletesecondnya jg mahal gan
Deletegan yakin pe 28 racing harganya 1,9 paling mahal?
ReplyDeletekalo yg nsr asli jepang ya segitu gan
DeleteGan..ko mirip karbu ninja y...
ReplyDeleteBda'a ap???
kalo ninja kan pwl gan,lebih bagus pe sih katanya lebih responsifnya gan
DeleteEnaknya pakai ori thai atai kw 1 thai
ReplyDeleteori thai
DeleteKlo bisa ada gmbar contohnya donk.
ReplyDeletenanti saya berikan
DeleteGan beli kw 1 gmn?
ReplyDeletetak masalah, paling cuma skepnya baret2 aja pas pemakaian
Deletegimana klo PE28 di pkein di supra fit_X
ReplyDeletenyocok enggaK...
apa gak cpet panas ya mesinnnya........???
cocok-cocok aja tergantung settinganya.
DeleteGa pengaruh sama mesin yang cepet panas.
gan,kalo motor standar diganti pake karbu pe28,peningkatan borosnya jd berapa persen?
ReplyDeletethx
kira kira 25% gan
DeleteGan, absolute revo pake karbu king, apa aja yg perlu di ganti dan berapa maksimal kecepatan yg bisa di dapat?
ReplyDelete*makasih
ane kurang tau gan kalo revo.
Deleteharga PE 28 ori honda thailand brapa gan?
ReplyDeleteharga kisara 1 juta keatas
Deletepenggantian karbu tanpa pembesaran ukuran piston/seher/seker, hanya membuat motor lebih boros
ReplyDeletetips enteng hasil jreng:
ganti busi platinum/iridium merek ngk/denso 25-95rb
bersihkan karbu, filter bensin dan udara
setting angin2 standar (1,5 putaran) jadi 1,75 putaran
gosok halus in ex manifold dan leher angsa
selang angin2/pernapasan mesin ke box filter udara diberi filter bensin mobil karbu biar karbu motor ga gampang kotor
kalo motorx revo jangan utak atik filter udara cukup kasi filter angin2 td n ganti final gear pake ukuran supra 100 n rantai 438 H(lebih tebal n lebar) aman ga mentok depan!
kalo motor laki sama spt diatas(angin2 tambah 0,80-0,90 putaran dr std)
gear set pake ukuran gl max rantaix 438 H
filter udara pasang yg paling tipis(2 lapis tebal tipis)
semua uda gua praktikin ke motor gw sendiri
oiya absolut revo gw uda bore up jd 125(seker kharisma oversize 100 "53,5" parts ori lengkap cuma 125rb)lumayan buat ngejar m pro ga ngos2an hehehee
kalo untuk motor satria fu menurut ane lumayan ga begitu boros perbandinganya 1:25 kalo karbu ori bisa 1:30.
DeleteMakasih suhu infonya buat agan2 disini semoga aja bisa jadi panutan.
Buat yang lagi nyari karburator racing
ReplyDeleteMampir bro ke blog kita Advie Motor & Website Kita Advie Motor Racing Shop
Yg jual pe 28 ori Thai dmn ya? Yg rekomended...
ReplyDeletegan kalo karbo pe28 tadinya dipasang di scorpio lalu diganti dipasang dijupiter bisa gak gan???
ReplyDelete