Friday, July 27, 2012

Tak hanya ketupat di hari lebaran

Apa yang dimasak ibumu di hari lebaran ? ketupat? Hampir di beberapa daerah indonesia ketupat menjadi hidangan khas lebaran. Namun di tempat lain ada hidangan spesial yang menjadi hidangan khas lebaran. Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Ayo langssung saja saya bahas disini.

Dodol Depok
Dodol depok memang tidak hanya ada di kota Depok saja. Dia juga bisa ditemukan di daerah-daerah lain. Namun entah mengapa orang Depok mengatakan, kalau dodol itu makanan khas kampung mereka. Mungkin karena sudah sejak tahun 1715 selalu jadi hidangan utama pada setiap tahun baru disana.

Sampai saat ini kebiasaan membuat dodol masih berlangsung di kota Depok. Bedanya bukan menjadi hidangan tahun baru lagi, tetapi menjadi hidangan wajib di saat lebaran tiba. Katanya lebaran belum pas kalau belum ada dodol depok.

Oya, di Depok juga ada kebiasaan saling tukar-menukar dodol. Katanya sih untuk mempererat tali persaudaraan mereka.

Lemang Padang
Dari daerah lain sering mengatakan lemang padang mirip dengan lontong. Ya sepintas, memang bentuknya seperti lontong. Namun sebenarnya bentuknya agak berbeda dengan lontong bisa. Bentuknya jauh lebih besar dengan lontong bisa. Lontong bisa terbuat dari beras, sedangkan lemang padang dari beras ketan yang dicampur santan. Itulah yang membuat terasa gurih dan lezat.

Di daerah Padang biasa biasa dibuat dengan cetakan bilah bambu. panjangnya kira-kira 70cm dan diameternya 10cm.

Dihari lebaran lemang juga sering dihidangkan dengan lauk istimewa. Seperti gulai itik dan rendang daging. Ya sedikit mirip dengan cara menghidangkan ketupat. Banyak juga orang yang suka menyantap lemang dengan tape kitan hitam.

Pempek Palembang
Kalau daerah lain punya hidangan spesial di hari lebaran. Palembang juga punya, sebenarnya termasuk makanan sehari-hari. Artinya bisa didaptkan setiap saat. Inilah yang membuat sedikit bangga.

Meskipun cuma makanan sehari-hari pempek juga menjadi hidangan wajib di hari lebaran. Pempek yang disediakan juga dihidangkan pun tersedia dalam berbagai model, lengkap dengan kuah cukanya. Ada kapal selam yang berisi telur, ada lenjeran, lenggang, kulit sampai tekwan. Hmm.. yang belum pernah mencoba pasti penasaran.

Si Manis Maksuba
Kalau pempek bangga menjadi salah satu hidangan lebaran, maksuba juga boleh bangga. Mungkin belum semua orang mengenalnya. Maksuba adalah kue dari Palembang yang rasanya manis dan sangat lezat. Bentuknya mirip seperti kue lapis legit. Terbuat dari campuran telur bebek, susu kental manis, mentega, dan gula pasir.

Maksuba juga disebut makanan kehormatan. Begini ceritanya kenapa disebut makanan kehormatan kalau ada tamu berkunjung ke rumah seseorang dan disuguhi maksuba, itu tandanya tuan rumah sangat menghormati tamunya. Katanya sih ini sesuai dengan cara pembuatan maksuba yang cukup rumit.

Nasi Kuning Jawa Timur
Di beberapa kota Jawa Timur nasi kuning jadi hidangan utama di hari lebaran. Biasa dihidangkan dengan lauk pauk yang cukup lengkap. Seperti serundeng yang terbuat dari daging dan parutan kelapa goreng, tempe kering, ayam goreng, telur dadar, perkedel, sambal goreng hati dan udang. Seminggu setelah hari lebaran barulah ada pesta ketupat. Seperti di daerah lain, ketupat disajikan dengan sayur berkuah santan.

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2010-2015 All Right Reserved kisutmengkerut.com